Apa Itu Digital Marketing: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Digital marketing adalah suatu pemasaran yang menggunakan internet maupun media digital sebagai media promosi. Jika kamu pernah melihat produk perusahaan atau brand yang melakukan digital, kampanye secara online dan melihatnya lewat website dan sosial media perusahaan tersebut. Maka itulah yang dinamakan dengan digital marketing. Digital marketing berfungsi untuk mendongkrak penjualan dari suatu brand.

Dengan berkembangnya zaman, tren ini semakin berkembang dan bervariasi. Kemudian seberapa pentingnya digital marketing yang diterapkan dalam dunia bisnis. Simak pembahasan dibawah ini mengenai apa itu digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah suatu kegiatan promosi brand, pemasaran atau produk menggunakan internet atau media digital. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik calon pelanggan dengan cepat. Seperti yang kita lihat penerima teknologi dan internet yang digunakan masyarakat sangatlah banyak, maka dijadikan pilihan utama para perusahaan. Akibatnya para perusahaan banyak yang bersaing dengan membuat konten yang akan ditampilkan pada sosial media.

Jenis Digital Marketing

1. Website atau Blog

Website memiliki peran dalam menunjukan sikap profesional suatu perusahaan dengan membantu konsumen dalam mengetahui bisnismu. Selain itu, blog digital marketing juga menawarkan biaya promosi yang lebih hemat tapi dapat menjangkau audiens lebih luas.

2. Search Engine Marketing

Upaya untuk membuat sebuah website perusahaan mudah ditemukan pada mesin pencarian. Search engine marketing dibedakan menjadi dua yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO memerlukan waktu yang lama saat digunakan dan murah bahkan gratis. Sedangkan SEM memerlukan waktu yang cepat namun berbayar.

3. Social Media Marketing

Bagikan bisnismu pada media sosial seperti Facebook dan twitter supaya akan banyak orang mengetahui tentang bisnismu. Dengan memberikannya pada sosial media tentu saja akan membuat brand produkmu menjadi meningkat.

4. Online Advertising

Dengan menggunakan media promosi berbayar menggunakan internet. Ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan konsumen lebih cepat, dan memuaskan para konsumen, tapi dinilai lebih mahal dari pada sebelumnya.

5. Email Marketing

Dengan menggunakan email marketing maka kamu dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi produk mu. Ataupun memberi informasi terkini mengenai produk atau jasa yang terbaru.

6. Video Marketing

Video marketing dapat digunakan oleh jika kamu ingin menjelaskan mengenai bisnis mu. Kamu dapat menjelaskan spesifikasi produkmu dengan cara menggunakanya dan menampilkan testimoni dari pelanggan.

Kelebihan Digital Marketing

1. Kecepatan Penyebaran

Dengan pemasaran menggunakan media digital maka, dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa kesulitan dalam menggunakanya. Sementara itu DM juga dapat diukur secara realtime atau tepat waktu dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Menggunakan media online, dapat mempermudah untuk menunjukan hasil dari kegiatan pemasaran, dan dapat secara langsung diketahui. Informasi yang diberikan yaitu berapa lama produk mu ditonton, berapa persen konversi penjualan, banyaknya orang yang telah melihat produk, dan sebagainya. Dengan informasi tersebut maka kamu dapat melakukan perbaikan mengenai iklan atau promosi mana yang telah sesuai dengan ketentuan. Sehingga kamu dapat memperbaiki pada iklan selanjutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Digital marketing memiliki jangkauan geografis yang luas baik dalam wilayah maupun hingga luar wilayah. Kamu bisa mempromosikan produk atau brand mu dengan menggunakan internet ke seluruh dunia dengan mudah.

4. Murah dan Efektif

Digital marketing memiliki harga yang murah ini tentu saja sangat berbeda jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Menggunakan digital marketing dapat menghemat anggaran sebesar 40% berdasarkan Gartner’s Digital Marketing Sped Report. Ditambah survey menunjukan 28% pengusaha kecil akan berpindah menggunakan digital marketing karena efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing dapat membangun nama brandmu menjadi lebih baik dan luas. Jika brand mu terkenal di dunia maya maka akan mempermudah orang-orang dalam melakukan pencarian online sebelum membeli suatu produk.

Berapa Anggaran Digital Marketing

Budget dari digital marketing ditentukan dengan jenis media yang digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Digital marketing seperti SEO dan konten akan menghabiskan banyak anggaran dalam mempromosikannya. Tetapi jika digital marketing menggunakan brosur dan email tentu saja akan memerlukan biaya yang cukup terjangkau. Setelah mengetahui pengertian, jenis dan kelebihan digital marketing maka dapat menjadi referensi untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis namun juga harus didukung dengan perencanaan keuangan. Lakukan perhitungan, analisa keuangan, dan pelaporan adalah kegiatan yang dapat pendukung dalam melakukan strategi pemasaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *