Unik, Ini Perkembangan Seragam Pramugari Garuda Indonesia

Seragam pramugari dari maskapai Garuda Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan yang kian menarik. Seragam pramugari Garuda Indonesia sering kali mencuri perhatian karena memiliki desain yang unik dan elegan. Dari tahun ke tahun seragam pramugari Garuda Indonesia mengalami perubahan dari warna hingga desain. 

Dengan bantuan para designer Indonesia perubahan seragam Pramugari biasanya disesuaikan dengan logo perusahaan, interior pada kabin dan livery pesawat. Atau hanya dijadikan sebagai pencitraan dari sebuah perusahaan tersebut. Berikut adalah perubahan seragam maskapai Garuda Indonesia dari tahun ke tahun. 

  1. Tahun 1949 

Di tahun 1949 seragam pramugari Garuda Indonesia memadukan dua warna yaitu warna putih dan coklat muda. Seragam ini mengenakan rok dengan panjang selutut dan dilengkapi dengan baret polos yang berwarna coklat seperti warna rok. Sedangkan untuk bagian atas hanya menggunakan kemeja polos berwarna putih. 

  1. Tahun 1959 

Di Tahun 1959 seragam pramugari Garuda Indonesia diganti dengan blouse berwarna biru tentunya akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menggunakan kemeja putih polos. Untuk bawahan menggunakan rok berwarna navy dengan panjang selutut kaki. Seragam pramugari di tahun ini juga dilengkapi dengan baret polos yang berwarna navy. Sedangkan untuk pramugara menggunakan jas hitam dengan dengan kemeja putih polos dan dilengkapi dengan dasi dan topi. 

  1. Tahun 1970-an 

Tahun 1970-an, seragam pramugari Garuda Indonesia diganti dengan menggunakan warna yang mencolok tentu saja perubahan tersebut cukup signifikan dari seragam di tahun sebelumnya. Seragam pramugari di tahun ini berasal dari desainer ternama yaitu Hanae Mori. Hanae Mori mendesain seragam pramugari dengan atas berwarna kuning kalem dan bawah berwarna orange dengan model sack dress. Pada tahun ini juga, seragam pramugari tidak menggunakan baret lagi. Namun, diganti menjadi aksen topi berwarna oranye dengan pita kuning melingkar. 

  1. Tahun 1980-an 

Tahun 1980 juga mengalami perubahan yaitu dengan warna seragam pramugari yang menjadi orange full. Seragam ini diberikan aksesoris scraft batik yang berbahan sutra dan memiliki warna senada dengan baju dan memiliki sedikit motif. Perubahan ini disertai dengan perubahan pada bagian topi yang kini bentuknya berbeda dan tidak memiliki pita. 

Pada tahun ini, seragam pramugari Garuda Indonesia juga memiliki desain lain yaitu kebaya tradisional yang terbuat dari bahan brokat. Seragam ini pun dilengkapi dengan kain jarik yang berwarna coklat tua. 

  1. Tahun 1990-an 

Di tahun 1990-an, para pramugari mengenakan seragam berwarna biru yang telah  berlengan panjang. Dari atasan hingga rok semua berwarna biru ditambah dengan scraft yang berbahan sama dengan bahan tenun yang diletakkan di pundak. Pada tahun yang sama, seragam pramugari memiliki dua model, yaitu rok pendek selutut dan rok panjang. Untuk yang mengenakan rok pendek maka akan dipasangi scraft, sedangkan yang menggunakan rok panjang akan menggunakan selendang pada bahunya. 

  1. Tahun 1999

Tahun 1999, seragam pramugari memiliki dua warna dengan model yang sama. Seragam yang pertama memiliki warna lebih gelap dengan tambahan dasi pita. Sedangkan untuk seragam yang kedua memiliki warna hijau tosca dengan tambahan pita motif batik untuk dasi. Desain seragam pramugari Garuda Indonesia di tahun ini hasil karya rancangan Iwan Tirta.   

  1. Tahun 2010

Seragam pramugari Garuda Indonesia tahun 2010 menggunakan atasan yang berupa kebaya polos dan disediakan warna biru tua, hijau tosca, dan orange dan untuk bawahan berupa rok motif dengan warna yang senada. Motif pada rok ini berupa Lereng Garuda Indonesia yang memiliki panjang hingga mata kaki. Sedangkan untuk pramugara menggunakan jas dengan model singke-breasted berwarna abu-abu dan dipadukan dengan pantalon yang memiliki warna senada. 

  1. Tahun 2013

Tahun 2013 seragam pramugari Garuda Indonesia mengalami sedikit perubahan dengan desain yang sedikit mirip dengan desain di tahun sebelumya. Untuk memudahkan pekerjaan pramugari di dalam pesawat maka seragamnya dibuat berbeda. Dan ada beberapa seragam yang memiliki warna ungu dan hijau. Hal ini dikarenakan Garuda Indonesia secara resmi mengoperasikan armada ATR 72-600 dan diperkenalkan dengan nama Garuda Indonesia “Eksplor” yang berfungsi untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia. 

  1. Tahun 2019

Tahun 2019, Garuda Indonesia memiliki seragam pramugari terbaru yang telah  bekerja sama dengan designer Anne Avantie dalam pembuatanya. Seragam yang satu ini diberi nama Kebaya Pertiwi dan diperuntukan khusus untuk Garuda Indonesia. Atasan seragam ini berupa kebaya dengan warna nude mocca dengan aksen ungu dan tambahan ikat pinggang berwarna senada, dipadukan dengan jarik berwarna keemasan. 

Perkembangan Garuda Indonesia dibarengi dengan perubahan seragam para pramugari dan pramugaranya. Tampilan para awak pesawat ini secara tidak langsung dapat menarik perhatian para penumpang. Itulah alasan pemilihan seragam bagi sebuah instansi sangatlah penting.

Untuk kamu yang sedang mencari jasa konveksi untuk menjahit seragam, kamu bisa menggunakan layanan jasa konveksi Ungaran. Jasa konveksi Ungaran telah berpengalaman dalam membuat berbagai jenis seragam kerja Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *