Sayembara Nasional Kompetensi Siswa SMK 2021

SMK N 1 Sragen kembali mengikuti lomba tari yang bertajuk “Sayembara Nasional Kompetensi Siswa SMK 2021” yang diselenggarakan oleh SMK Jenawi yang bekerjasama dengan Direktorat SMK dan Jenderal Pendidikan Vokasi. Jenis perlombaan ini lebih berfokus pada topik seni tari.

Dalam perlombaan yang digelar secara daring ini, SMK N 1 Sragen mengirimkan 1 delegasi untuk mengikuti lomba tari kreasi. Tarian ini mengangkat kearifan budaya lokal daerah masing-masing. Konsep tari yang ditampilkan yaitu tarian yang mengangkat kehidupan masyarakat dalam bentuk pergaulan yang diungkapkan dengan suasana damai, gembira, sendau gurau dan menyenangkan, yang diekspresikan secara simbolik melalui vokabuler gerak. Judul dari tarian yang dilombakan adalah “Tari Rara Sukhavati”.

“Kami menampilkan tarian rakyat Indonesia yang berkembang di Jawa. Tarian ini menggambarkan proses bertani di kehidupan masyarakat yang diawali dari menanam padi hingga memanennya menjadi bahan pangan pokok masyarakat. Semua kegiatannya dilakukan secara gotong-royong. Sebagai ungkapan rasa bersyukur mereka juga tidak melupakan ritual/berbakti dalam bentuk manembah kepada Sang Pencipta alam semesta. Mereka berharap hasil panennya berlimpah sehingga dapat menyejahterakan dan memakmurkan kehidupan rakyat pada umumnya. Sampai pada waktunya, mereka mendapatkan hasil panen yang memuaskan sehingga mereka saling mengungkapkan rasa gembira dalam bentuk senda gurau dengan penuh canda tawa”, jelas guru seni budaya yang juga selaku pembimbing tari di SMK N 1 Sragen.

Beliau juga berbagi cerita tentang pengalaman beberapa kali membimbing siswa ekstra tari dalam mengikuti perlombaan tari untuk mewakili nama SMK N 1 Sragen. Bahkan sudah beberapa kali SMK N 1 Sragen meraih juara dalam perlombaan yang telah diikuti , salah satunya lomba tari semacam ini. “Kami mengikuti lomba ini melalui laman website Sayembara Nasional Kompetensi Siswa -Topik Seni Tari yang diikuti oleh seluruh siswa jenjang SMA,SMK (SMK Seni atau SMK Non Seni), MA sederajat di seluruh Indonesia”, imbuhnya.

“Karena perlombaan dilakukan secara daring, kami juga memikirkan bagaimana video dapat ditampilkan dengan hasil yang bagus dan jelas, maka dari itu walaupun shotting video dilaksanakan lingkungan sekolah, kami juga memikirkan dan memilih lokasi outdoor (luar ruangan) yang tidak hanya luas tetapi memiliki pencahayaan yang bagus untuk mendapatkan pertunjukan yang bagus dan menarik sesuai dengan salah satu ketentuan teknik karya yang dinilai”, tandasnya.

Beliau juga mengungkapkan bahwa suatu perlombaan bukan hanya sekedar menang dan kalah,tetapi bagaimana siswa dapat menumbuhkan rasa bersemangat, aktif, antusias dan bertanggung jawab untuk berkompetisi. Dan harapannya dari sebuah perlombaan anak didik dapat menjadi penerus bangsa yang juga berkarya membawa nama baik sekolah SMK N 1 Sragen dan bangsa Indonesia.

Berikut potret sebagian kegiatan dari mulai latihan, gladi bersih, dan pelaksanaan lomba sayembara Nasional Kompetensi Siswa 2021 dengan topik seni tari secara daring :

 

Potret kegiatan latihan di salah satu ruang kelas SMK N 1 Sragen

Potret kegiatan latihan tari di aula SMK N 1 Sragen

Potret persiapan sebelum pengambilan video lomba tari di depan gedung COE SMK N 1 Sragen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *