Rekomendasi Ekstrakurikuler yang Bagus untuk Pengembangan Diri

Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah memiliki segudang manfaat. Adapun manfaat yang bisa didapatkan antara lain adalah menambah wawasan, mengasah ketrampilan, menambah jejaring pertemanan, dan juga melatih anak bekerja sama dalam tim.  Biasanya kegiatan ini akan dilaksanakan selepas anak-anak selesai menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Jadi, kegiatan ini tidak akan mengganggu jam pelajaran siswa. Bagi setiap siswa, tentu sangat dianjurkan untuk mengikuti kegiatan ekstra ini. 

Setiap siswa pasti akan diberikan kesempatan untuk memilih sendiri kegiatan ekstra yang diminati. Maka dari itu, akan lebih baik jika kegiatan yang dipilih memang benar-benar  diinginkan. Pertimbangkan kegiatan yang hendak diikuti, jika memang merasa tidak cocok, jangan memaksakan kehendak. Sebab kegiatan ini diberikan untuk memfasilitasi para siswa supaya minat dan bakatnya bisa berkembang dengan baik. Jadi, pastikan bahwa pilihan kalian adalah yang terbaik untuk masa depan kalian sendiri.

Ada banyak jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti, baik di bidang olahraga, kesenian, agama, maupun bidang lainnya. Tentu saja ketika hendak diminta memilih ekstra, anak-anak biasanya akan kebingungan, karena terlalu banyak pilihan yang ingin dicobanya. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa saran kegiatan ekstrakurikuler yang  recomended untuk diikuti:

1. Seni Musik

Dalam kegiatan ekstra seni musik, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam olah vokal. Dalam ekstra ini tentu akan ada pelatih yang memang sudah mumpuni dalam hal olah vokal. Di sini, kalian dapat mengasah suara dan mengembangkan bakat dalam bidang musik. Selain akan mendapat berbagai informasi di dunia musik, kalian juga berkesempatan untuk menunjukkan bakat. Kalian bisa mengikuti beberapa lomba atau kontes menyanyi untuk mengukur sampai di mana kemampuan menyanyi kalian. 

2. Olahraga

Ekstrakurikuler olahraga biasanya banyak diminati oleh anak laki-laki. Ada banyak jenis ekstra olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Seperti bulutangkis, sepakbola, voli, tenis, basket, dan masih banyak lagi. Di setiap sekolah akan ada pilihan masing-masing. Sehingga kalian tinggal menyesuaikan saja. Dengan mengikuti ekstra olahraga, kalian yang hobi di bidang ini akan mendapatkan ruang untuk terus belajar di luar kegiatan olahraga wajib sesuai jadwal sekolah. 

3. Karya Ilmiah

Bagi kalian yang hobi membaca dan menulis, karya ilmiah dapat dijadikan tantangan. Di ekstra karya ilmiah, kalian akan diajarkan untuk menulis sebuah karya ilmiah. Mulai dari menyusun berbagai konsep penelitian, sampai dengan mempresentasikannya, bahkan melakukan eksperimen. Kalian juga akan diajarkan bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis.

4. Jurnalistik

Selain karya ilmiah, kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik juga tak kalah menantang. Di ekstra satu ini kalian akan diajarkan untuk berpikir kritis dalam setiap rapat redaksi. Kegiatan jurnalistik biasanya meliputi peliputan, wawancara, dan menulis berita. Di sini kalian akan banyak bertemu dengan orang-orang penting untuk melakukan peliputan. Sehingga ekstra jurnalistik akan mengasah kemampuan dalam berkomunikasi. Kalian juga bisa belajar mengoperasikan kamera dan belajar membuat video untuk kepentingan berita. Jadi, akan ada banyak hal menarik jika kalian mengikuti kegiatan jurnalistik.

Nah, itulah tadi beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang recomended untuk kalian ikuti. Sesuaikan saja dengan minat dan bakat kalian masing-masing. Pastikan pula kalian tidak memilih ekstra dengan terpaksa. Sebab jika kalian tidak sepenuh hati dalam memilih ekstra, maka dalam menjalankannya pun akan setengah-setengah, sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu kalian menentukan kegiatan ekstra yang cocok untuk diikuti ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *