Perbedaan Google Classroom & Zoom Meeting, Mana yang Lebih Bagus?

Zoom Meeting dan Google Classroom saat ini adalah aplikasi yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk membantu proses sekolah secara daring. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi kedua aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda. Lalu apa saja perbedaan google classroom & zoom ? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

  1. Google Classroom adalah sebuah layanan besutan Google yang dapat digunakan untuk memberikan materi pembelajaran, tugas-tugas tanpa harus bertatap muka secara langsung. Sesuai dengan namanya, Google Classroom adalah sebuah ‘ruang’ kelas online di mana para anggota dan pengajar dapat berinteraksi satu sama lain. Selain itu, para anggota yang diberikan tugas juga dapat mengumpulkan tugasnya secara individu mengunakan aplikasi ini, tentunya ini sangat memudahkan penggunanya.
  1. Zoom Meeting sebuah aplikasi berbasis video yang berguna untuk melakukan konferensi virtual, wawancara, hingga sekolah daring. Intinya, aplikasi ini memudahkan Anda untuk bertemu orang lain secara jarak jauh dan bisa melakukan komunikasi. Selain itu, di dalam aplikasi ini terdapat banyak manfaat, misalnya Anda akan dapat mempresentasikan sesuatu kepada lawan bicara Anda, dan terdapat juga chat room.

 

Kelebihan

Keduanya memang aplikasi dengan fungsi yang sama, namun ada beberapa kelebihan tertentu demi mendukung kelancaran penggunanya. Berikut adalah kelebihan Google Classroom dan Zoom Meeting.

 

Kelebihan Google Classroom

  • Mudah digunakan oleh semua kalangan (pengajar/peserta didik)
  • Tersedia untuk banyak perangkat, Anda bisa mengakses Google Classroom melalui aplikasi maupun dengan browser
  • Pengajar dapat meng-upload materi hingga tugas kepada semua peserta didik dalam satu kelas dan hanya dengan sekali kirim.
  • Peserta didik juga dapat meng-upload tugas-tugas yang telah dikerjakan kepada guru, dan gurunya pun dapat mengetahui siapa yang tidak mengumpulkan tugas.
  • Dapat memberikan pemberitahuan kepada peserta didik ketika meng-upload materi atau tugas. Jadi peserta didik tidak akan terlewatkan oleh setiap materi yang diberikan.

 

Kelebihan Zoom Meeting

  • Mudah digunakan, Anda dapat membuat sebuah virtual meeting dan megundang orang lain hanya dengan mengirimkan tautan undangan.
  • Tersedia untuk berbagai sistem operasi (windows, mac, android, ios, dll).
  • Karena Zoom adalah berbasis cloud, artinya Anda dapat terhubung dengan siapa saja yang memiliki koneksi internet.
  • Para peserta dapat bergabung dan meninggalkan meeting dengan mudah tanpa mengganggu meeting maupun kelas yang sedang berlangsung.
  • Terdapat fitur chat yang berguna untuk membagikan sesuatu. Dan fitur chat ini pun bisa dimatikan oleh pelaksana
  • Dapat membagikan layar (share screen) layaknya sedang melakukan presentasi dengan proyektor.
  • Selama menggunakan Zoom untuk virtual meeting atau sekolah daring, Anda dapat merekam agar bisa diputar lagi kapan saja bila diperlukan.

 

Fitur-Fitur Yang Tersedia

  1. Google Classroom
  • Assignments (tugas-tugas)
  • Grading (penilaian), Ada banyak metode penilaian yang didukung oleh Google, salah satunya dalam memantau kemajuan peserta didik adalah membuat komentar dan mengeditnya. Tugas yang telah dibuat oleh mereka dapat langsung dinilai pengajar dengan menyisipkan komentar dan mengirimkannya kembali. Dengan demikian, para peserta didik harus melakukan revisi hingga benar.
  • Komunikasi Yang Lancar, pengajar dan peserta didik dapat berkomunikasi dua arah, misalnya mengomentari suatu pengumuman/postingan.
  • Aplikasi mobile, aplikasi Google Classroom hadir di perangkat mobile untuk mempermudah penggunanya tanpa harus menggunakan perangkat komputer saat mengakses Google Classroom.
  • Keamanan, Google Classroom tidak menayangkan iklan sama sekali, hal ini akan membuat penggunanya tidak terganggu dengan iklan yang muncul saat digunakan.

 

  1. Zoom Meeting
  • Memiliki kualitas audio dan video HD (high definition). Dengan kualitas HD, pengguna akan merasakan pengalaman virtual meeting dengan kualitas yang baik, tetapi tergantung dari seberapa stabil koneksi internet Anda.
  • Para pengguna bisa berbagi layar (share screen) secara bersama-sama agar lebih interaktif
  • Keamanan, Zoom dilengkapi dengan fitur end-to-end yang di mana akan melindungi data Anda dari pihak ketiga.
  • Record, seluruh peserta dapat merekam virtual meeting dari awal hingga selesai, sehingga memudahkan apabila masih ada yang belum paham dapat memutar kembali rekaman yang telah dilakukan.
  • Scheduling (penjadwalan), pengguna dapat menjadwalkan kapan virtual meeting akan dilaksanakan.

 

Perbedaan Google Classroom dan Zoom Meeting.

Setelah di atas menjelaskan berbagai fitur dan kelebihan Zoom dan Classroom, sebenarnya sudah jelas mengenai perbedaan yang dimiliki keduanya. Kami merangkum beberapa perbedaan Zoom dengan Classroom di bawah ini :

  • Jumlah Peserta, jika di Google Classroom dapat diikuti oleh puluhan hingga bahkan hampir tak ada batasnya, namun pada Zoom hanya dapat menampung peserta sebanyak 100 orang untuk versi gratis, jika Anda ingin lebih dari 100 dapat berlangganan dengan harga yang telah ditentukan.
  • Fitur Yang Tersedia, perlu diketahui bahwa Google Classroom berguna layaknya ruang kelas online yang dapat membantu pengajar maupun peserta didik dalam mendistribusikan tugas, maupun materi. Sedangkan Zoom sendiri adalah layanan berbasis video yang memiliki fungsi lebih umum dari sekadar ruang kelas, namun Zoom hanya sebatas melakukan virtual meeting dan dilengkapi fitur chat. Keduanya memiliki fitur yang berbeda-beda sesuai fungsinya.

 

Simpulan

Dengan banyaknya kebutuhan pembelajaran/pertemuan secara online, maka banyak juga layanan yang menyediakan akses untuk melakukannya. Setelah Anda mengetahui perbedaan google classroom & zoom, Apakah Anda dapat menyimpulkan antara Google Classroom dan Zoom Meeting manakah yang lebih bagus? Itu tergantung kebutuhan Anda. Misalnya Anda adalah seorang pengajar yang ingin mengatur suatu kelas dengan lebih mudah, Anda bisa menggunakan Google Classroom. Namun jika Anda adalah seorang pengajar yang lebih suka metode pembelajaran tatap muka, Anda dapat menggunakan Zoom meeting. Selain itu, menggabungkan kedua aplikasi ini untuk pembelajaran akan lebih baik. Anda dapat membagi semua materi melalui Google Classroom, dan menjelaskan kembali materi Anda menggunakan Zoom Meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *