Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi & Prospek Kerjanya

Ilmu komunikasi memang menjadi salah satu prodi yang sedang booming saat ini, banyak sekali khalayak muda yang berlomba-lomba untuk masuk jurusan ini. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan prospek kerja yang luas membuat banyak orang ingin masuk ke jurusan tersebut, namun sebelum kita menginjak pada prospek kerja alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dipelajari dalam ilmu komunikasi, pada semester 1-3 program studi ini masih mempelajari komunikasi secara luas atau secara umum, lalu setelah memasuki semester 4 anda akan dihadapkan kepada pilihan yang sulit, yaitu memilih konsentrasi pada umumnya ada 4 pilihan yaitu:

Public Relations

Mahasiswa yang mengambil konsentrasi public relations umumnya difokuskan untuk mempelajari kajian social & political public relations, mereka difokuskan untuk memahami komunikasi secara langsung dengan baik.

Advertising

Untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi Advertising mereka akan difokuskan untuk mempelajari produksi iklan yang dengan mudah diingat oleh audiens dan juga membuat audiens tertarik menggunakan produk tersebut.

Jurnalistik

Mahasiswa yang mengambil konsentrasi jurnalistik ini akan berfokus pada ilmu menjadi seorang jurnalis, mereka akan diajarkan ilmu menggali informasi dari narasumber secara mendetail dan tidak terlalu mencolok atau bahkan terlihat seperti menginterogasi.

Broadcasting

Untuk mahasiswa yang berfokus pada broadcasting mereka akan mempelajari seputar produksi film, dari awal produksi seperti pembuatan story board hingga film siap ditayangkan.

Nah setelah kalian mengerti apa saja yang dipelajari dalam prodi ilmu komunikasi, sudah saatnya anda mengetahui prospek kerja dari program ilmu komunikasi itu sendiri, untuk prospek kerja dari prodi ini sangatlah luas, akan tetapi kami hanya akan menuliskan beberapa saja prospek kerja yang paling diincar oleh lulusan ilmu komunikasi ini.

Jurnalis

Tentu kalian paham jika ingin menjadi seorang jurnalis, kita dituntut untuk paham kode etik, dan juga ilmu-ilmu untuk menggali informasi dari narasumber tanpa terlihat seperti melakukan interogasi. Untuk gaji dari jurnalis ini sendiri cukup menggiurkan pasalnya perbulan jurnalis ini mendapatkan kisaran gaji sebesar 4,8 juta hingga 8,9 juta. Semua itu tergantung dengan skill dan pengalaman yang anda punya.

Penyiar

Untuk anda yang ingin menjadi penyiar jurusan ilmu komunikasi ini sangat cocok untuk anda, hal ini dikarenakan anda bisa mengambil konsentrasi public relations untuk menjadi penyiar karena pada konsentrasi ini anda akan banyak dibekali ilmu-ilmu komunikasi yang tentunya akan sangat berguna untuk siaran. Untuk gaji dari penyiar ini juga cukup besar untuk seorang pemula biasanya akan mendapatkan gaji 2,5 juta hingga 3,5 juta jika anda siaran di radio. Akan tetapi jika anda siaran di televise anda akan mendapatkan gaji sebesar 4,7 juta hingga 7 juta.

Marketing Komunikasi

Dengan berbekal ilmu komunikasi yang banyak tentu anda akan sangat berkesempatan menjadi seorang marketing komunikasi, karena didalam dunia marketing hal yang paling dibutuhkan adalah skill komunikasi anda. Untuk gaji yang diterima seorang markom setiap bulannya adalah sekitar 3,7 juta hingga 7 juta.

Praktisi Periklanan

Untuk kalian yang mengambil konsentrasi Advertising, jika lulus nanti anda bisa menjadi seorang praktisi periklanan, praktisi periklanan ini sendiri masih dibagi menjadi beberapa divisi yaitu, design graphic, content writer, social media analysys, social media specialist, media planner dan masih banyak lagi. Untuk gaji rata-rata seorang praktisi periklanan sekitar 3 juta hingga 5 juta, akan tetapi jika anda merupakan seorang praktisi senior anda bisa mendapatkan gaji 19 juta dalam satu bulan.

Public Relations

Jika anda mengambil konsentrasi public relations maka anda berpeluang besar menjadi seorang public relation atau biasa disebut humas atau jubir. Untuk gaji yang diterima seorang public relation bekisar 3-5 juta, dan untuk senior public relation sekitar 13-15 juta.

 

Nah itu tadi sekilas tentang program studi ilmu komunikasi, selain sedang booming dan dianggap keren jurusan ini juga memiliki masa depan yang terbilang cerah, akan tetapi untuk bisa masuk jurusan ini tentu saja tidak mudah anda harus mengalahkan ribuan orang untuk bisa masuk ke jurusan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *