5 Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Agar Belajar Lebih Menarik

Media Pembelajaran Interaktif dapat dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan pesan (materi-materi pembelajaran) agar lebih menarik, sehingga lebih disukai oleh peserta didik dan tidak membosankan. Dengan adanya penerapan pembelajaran multimedia interaktif ini bisa mengubah mindset para peserta didik yang mengira bahwa dalam pembelajaran hanya itu-itu saja dan setiap materi akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

 

Fungsi-Fungsi Media Pembelajaran Interaktif

  1. Sebagai alat untuk memperjelas bahan pembelajaran saat para pengajar menjelaskan sebuah materi kepada peserta didiknya.
  2. Sebagai alat untuk mencari persoalan baru yang nantinya akan dikaji secara lebih mendalam oleh peserta didik.
  3. Sebagai sumber belajar bagi siswa, media tersebut harus memuat berbagai materi-materi penting yang harus dipelajari oleh kelompok atau individu.

 

Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif

Sebelum mulai menggunakan media pembelajaran interaktif, ketahui beberapa keunggulan media pembelajaran interaktif berikut ini :

  • Meningkatkan “level” pembelajaran dengan menampilkan materi dalam bentuk video, animasi, game, dan lain sebagainya.
  • Membuat waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • Karena bersifat interaktif, maka akan lebih mudah menarik para peserta didik untuk berinteraksi dengan pengajar, selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik
  • Menambah motivasi belajar peserta didik

Namun dalam penggunannya, pengajar harus mengetahui fungsi masing-masing media agar tidak salah dalam memilih dan berakibat kepada peserta didik yang kebingungan terhadap materi yang disampaikan.

 

Jenis Media Pembelajaran Interaktif

  1. Game

media pembelajaran interaktif

Pada dasarnya, hampir semua orang sangat menyukai game tanpa mengenal usia. Namun dalam konteks pembelajaran interaktif, game bukan hanya semata-mata sebagai permainan biasa tanpa mengedukasi. Game pun harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyampaikan materi-materi kepada peserta didik. Dengan menggunakan metode ini untuk pembelajaran akan dapat membantu menarik perhatian dan minat para peserta didik, sehingga mereka mau untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dalam pembuatan game interaktif ini bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi, seperti Adobe Flash Player, hingga Microsoft Powerpoint. Karena game disukai oleh berbagai kalangan, Anda bisa menggunakan game interaktif ini dengan menyesuaikan jenjang peserta didik.

 

  1. Powerpoint

media pembelajaran interaktif

Mungkin ini adalah media interaktif yang paling sering digunakan oleh mayoritas pengajar di Indonesia. Dengan menggunakan powerpoint, memungkinkan untuk menampilkan materi lebih menarik. Tentu dalam membuatnya juga harus memerhatikan tampilan latar belakang hingga konten yang dibuat, usahakan dalam membuat powerpoint jangan terpaku pada “banyak tulisan = materi bagus”, justru apabila dalam setiap slide powerpoint mengandung tulisan yang banyak akan terlihat membosankan. Buatlah agar terlihat minimalis namun kontennya berkualitas. Selain pengajar, para peserta didik biasanya juga sering melakukan presentasi kelompok dengan powerpoint. Ini menuntut kreativitas mereka dan melatih supaya berani berbicara dan menyampaikan materi di depan banyak orang.

 

  1. Manipulatif

media pembelajaran interaktif

Media manipulatif adalah semua benda yang dapat digunakan pengajar untuk membantu menerangkan materi pembelajaran, sehingga dapat membuat peserta didik lebih terampil dan dapat menjadikan mereka berpikir sistematis. Benda tersebut di antaranya adalah kertas, karton, kelereng, manik-manik, buku, kayu kawat dan lain-lain sesuai kebutuhan pengajar. Keunggulan benda-benda manipulatif ini adalah dapat ‘menerjemahkan’ konsep materi agar lebih mudah dicerna.

 

  1. Video

media pembelajaran interaktif

Menggunakan video dalam proses pembelajaran sangat membantu peserta didik, karena dengan video (audio visual) yang terdapat konten edukasi di dalamnya memudahkan peserta didik dalam melihat, mendengar, mengingat, sehingga mereka akan mudah memahami materi yang dipelajari hanya dengan ‘menonton video’. Banyak ditemui peserta didik yang dapat mengingat sebuah film hingga beberapa bagian dialognya pun mereka ingat. Ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan video pun juga dapat dilakukan jika kontennya pun sesuai. Dengan adanya video interaktif, waktu belajar pun terasa sangat fleksibel karena mereka dapat menonton video kapan saja. Tentu dalam membuat video yang interaktif juga harus diperhatikan antara konsep, konteks, dan konten.

 

  1. Matlab

Matlab adalah sebuah aplikasi di mana pengajar dapat membuat latihan soal-soal khususnya matematika yang notabennya pelajaran yang cukup ‘ditakuti’. Bentuk soal seperti pilihan ganda pun dapat dibuat dengan Matlab. Selain mudah bagi pengajar, matlab juga mudah digunakan oleh peserta didik SMP/SMA/SMK. Selain itu, Matlab juga dapat diakses menggunakan smartphone. Sekarang Anda dapat membuat konten-konten soal dengan desain yang menarik dengan aplikasi ini.

 

Di antara beberapa media pembelajaran interaktif di atas, dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam mengajar agar lebih efektif. Seiring berkembangnya teknologi, memang dalam pembelajaran juga akan lebih baik apabila menggunakan multimedia interaktif agar tidak terkesan konservatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *