Kegiatan Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SMK Negeri 1 Sragen

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)

Gerakan Sekolah Menyenangkan merupakan gerakan akar rumput yang mempromosikan dan membangun kesadaran guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun ekosistem sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup agar anak-anak menjadi pembelajar yang adaptif, mandiri, tangkas, dan cepat menghadapi perubahan dunia yang sangat cepat dan tak menentu.

Sebagai sekolah PK kaitannya dalam gerakan sekolah menyenangkan, tentunya SMK Negeri 1 Sragen juga mengadakan agenda Kegiatan “Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)” yang  dilaksanakan selama 2 (dua) hari di aula SMK N 1 Sragen pada hari Kamis sampai dengan Jumat (11 dan 12 November 2021). Dalam kegiatan workshop GSM ini diikuti oleh semua guru dan karyawan SMK Negeri 1 Sragen dengan penuh semangat dan antusias, karena dalam kegiatan yang di mentori oleh ibu Damayanti, S.Psi, S.Pd sebagai narasumber yang profesional dari AHA SCLF Inspiration Center, Bandung secara menyenangkan, salah satunya menumbuhkan rasa semangat dimulai dari seorang guru yang juga menyenangkan terlebih dahulu, agar nantinya bisa menjadi pelopor perubahan pola pikir pendidikan menuju paradigma revolusi industri untuk ekosistem pendidikan positif dan berfokus pada pengembangan karakter siswa.

Dalam agenda kegiatan workshop ini seluruh peserta  guru dan karyawan diajak untuk mempraktikkan, bagaimana membangun perasaan yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran. Sebagai contoh berbagai macam kegiatan games (permainan) yang dapat menumbuhkan rasa senang belajar dan semangat yang berdampak positif terhadap para siswa dalam kegiatan pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas.

Berikut beberapa potret kegiatan workshop penguatan ekosistem GSM yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Sragen pada bulan November yang lalu :

Hari Ke-1 : 11 November 2021

 

Hari Ke-1 : 11 November 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *