KEGIATAN LATIHAN DASAR KETARUNAAN ANGKATAN IV SMK NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SMK NEGERI 1 SRAGEN – Terdapat 3 angkatan ketarunaan yang sudah terlaksana di SMK Negeri 1 Sragen. Pada Bulan September 2019, Memasuki semester ganjil SMKN 1 Sragen bekerja sama dengan Kodim 0725 melaksanakan program pendidikan Ketarunaan bagi siswa kelas X untuk memasuki angkatan ke IV Tahun Pelajaran 2019/2020. Ketarunaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip militer yang bertujuan untuk pendidikan karakter dan kedisiplinan. Kegiatan ini diikuti oleh 14 kelas yang berjumlah sekitar 500 siswa dan berlangsung selama 2 semester.

Kegiatan Ketarunaan ini dilaksanakan untuk menyiapkan siswa menyikapi ketatnya persaingan dan standarisasi di dunia kerja dan dunia industri nantinya sehingga perlu disiapkan tamatan yang berkompeten, bermoral, berkarakter, disiplin dan tentunya mempunyai jiwa pantang menyerah, bertanggung jawab serta cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi melalui Ketarunaan.

Yang mana orientasi sebuah SMK yakni bekerja, melanjutkan atau kuliah. Dengan pembentukan dasar inilah diharapkan output akan berhasil. Karena kita tidak tahu 5 atau 10 tahun mendatang mereka akan menjadi apa, mereka adalah penerus Bangsa yang akan melanjutkan amanah Bangsa ini.

Pendidikan ketarunaan dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut dengan sistem among.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *