Cari Tahu Kebutuhan Biaya Sekolah Kedinasan di Indonesia

Bagi kalian yang baru lulus SMA/SMK, tentu sudah mulai mencari-cari informasi untuk melanjutkan sekolah. Salah satu sekolah yang bisa menjadi pilihan adalah Sekolah Kedinasan. Sekolah Kedinasan atau juga sering disebut Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) adalah sebuah perguruan tinggi yang penyelenggaraannya dikelola oleh pemerintah. Adapun yang menyelenggarakan dan menanggung biaya sekolah kedinasan tersebut adalah instansi pemerintah yang terkait. 

Saat ini sudah banyak sekolah kedinasan yang bisa kalian coba. Kualitasnya pun tak perlu diragukan, sebab dalam melakukan penyaringan, mereka benar-benar maksimal. Apabila kalian hendak mendaftar, kalian akan bersaing dengan banyak orang dari banyak daerah. Jadi, persiapkan dengan baik apa saja yang diperlukan untuk mendaftar ya, termasuk dengan mencari informasi mengenai biayanya. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai biaya sekolah kedinasan dari beberapa PTK.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN adalah salah satu sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN).  Sekolah ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat, tepatnya di daerah Sentul. Adapun biaya yang kalian butuhkan ketika mendaftar hanyalah biaya tes SKD.  Jadi, kalian tak perlu membayar biaya kuliah di sana. Namun untuk lebih lengkapnya, cobalah untuk membuka informasi terkait dengan pendaftaran STIN melalui laman website resmi STIN.

Sekolah Tinggi Ilmu statistik (STIS)

Lalu ada lagi sekolah kedinasan yang berada di bawah Badan Pusat Statistik, yaitu STIS. Lokasi sekolah ini berada di Jawa Timur. Nah, bagi kalian calon peserta yang hendak mendaftar di sini, biaya yang kalian butuhkan adalah biaya seleksi sebesar Rp. 300.000. Adapun biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan SKD. 

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN)

Bagi kalian yang hendak mengambil kuliah jurusan Akuntansi, cobalah untuk mendaftarkan diri ke PKN STAN. Nah, biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 300.000. Adapun biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya tes SKD. 

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 

BMKG juga memiliki sekolah kedinasan, yaitu STMKG. Jika kalian hendak mendaftar ke sini, maka biaya pendaftaran yang kalian butuhkan adalah sebesar Rp. 75.000. Lalu untuk biaya tes SKD-nya adalah sebesar Rp. 50.000. Jika kalian membutuhkan informasi yang lebih rinci, kalian bisa membuka laman resmi dari STMKG. 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Bagi kalian yang hendak masuk ke IPDN, maka biaya sekolah kedinasan yang kalian butuhkan sebanyak Rp. 50.000. Untuk pendaftarannya, tidak ada biaya yang dibutuhkan. Kalian hanya perlu membayar Rp. 50.000 untuk biaya tes SKD. 

Politik Siber dan Sandi Negara (SSN)

Selanjutnya ada sekolah kedinasan Politik Siber dan Sandi Negara yang berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara. Sekolah ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Apabila kalian hendak mendaftarkan diri di sana, biaya yang dibutuhkan yaitu sebanyak Rp. 50.000 sebagai biaya tes SKD. 

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai biaya sekolah kedinasan yang kalian butuhkan. Beberapa sekolah seperti STIS, SSN, STIN, dan juga IPDN memang memberikan biaya gratis bagi mereka yang berhasil lolos seleksi dan masuk ke perguruan tinggi kedinasan tersebut. Jadi, biaya yang kalian butuhkan dan perlu dipersiapkan hanya untuk pendaftaran dan tes masuk saja. Maka dari itu, jangan sia-sia kan kesempatan tersebut ya. Berusahalah untuk bisa mengikuti tes dan lolos seleksi supaya dapat melanjutkan ke sana tanpa biaya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *