Tutorial Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Untuk Belajar Mengajar

Zoom adalah sebuah aplikasi yang menyediakan fitur bertatap muka jarak jauh dengan banyak orang secara online, layaknya video call pada aplikasi media sosial tertentu. Aplikasi ini sangat populer selama kegiatan belajar mengajar, rapat, dan bahkan kerja yang dilaksanakan secara remote (jarak jauh). Lalu sebagai pengajar, bagaimana cara menggunakan zoom meeting untuk kegiatan belajar mengajar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Cara Menginstal Aplikasi Zoom

Ada dua cara untuk menginstal aplikasi Zoom ini, yaitu melalui smartphone dan komputer/laptop. Untuk tutorial di bawah ini adalah cara menginstal Zoom pada komputer/laptop.

 

  • Anda harus mengakses tautan berikut ini melalui komputer Anda untuk mengunjungi website resmi Zoom, setelah itu, pilih Sign Up, Its Free untuk mendaftar akun Zoom.

cara menggunakan zoom meeting

 

  • Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kami menyarankan Anda untuk memilih Sign In With Google Account agar lebih mudah dan cepat. Dengan syarat Anda sudah memiliki akun google yang sudah aktif sebelumnya.

cara menggunakan zoom meeting

 

  • Langkah berikutnya adalah pilih akun Anda yang sudah aktif, jika belum tercantum, klik Gunakan akun yang lain.

cara menggunakan zoom meeting

 

  • Kemudian pilih Create Account untuk menyelesaikan.

cara menggunakan zoom meeting

 

  • Jika sudah menyelesaikan semuanya, Anda akan ditampilkan pada menu dasbor utama, apabila Anda ingin memulai kegiatan belajar mengajar, silakan klik HOST A MEETING, di sana akan muncul tiga pilihan, yaitu :
  1. With Video Off, artinya Anda akan memulai pembelajaran hanya dengan audio saja tanpa menampilkan wajah Anda
  2. With Video On, Anda akan memulai pembelajaran dengan menampilkan wajah
  3. Screen Share Only, dengan memilih menu ini, Anda bisa menampilkan layar komputer Anda kepada peserta Zoom layaknya melakukan presentasi menggunakan proyektor.

 

Baca Juga : Google Classroom Vs Zoom Meeting

 

Tutorial Menggunakan Zoom Meeting

Setelah sudah megetahui cara mendaftar akun Zoom, berikut ini adalah tutorial menggunakan Zoom Meeting untuk kegiatan belajar mengajar.

  1. Kamera

Kamera ini tentu berfungsi untuk menampilkan wajah penggunanya saat menggunakan Zoom. Biasanya perangkat laptop sudah tersedia kamera secara bawaan, jadi Anda tidak perlu membeli kamera untuk menggunakan Zoom, kecuali Anda membutuhkan kualitas kamera yang sangat baik, Anda bisa menggunakan kamera tambahan (webcam).

  1. Mikrofon

Selain Visual, Audio juga sangat penting dalam penggunaan Zoom. Dan Anda juga tidak perlu repot untuk membeli mikrofon tambahan karena pada perangkat laptop sudah tertanam mikrofon untuk merekam suara Anda. Selain itu, menggunakan headset juga bisa menjadikannya sebagai mikrofon.

  1. Jaringan Internet

Ini adalah hal penting lainnya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Pastikan jaringan internet Anda stabil agar tidak ada kendala seperti kualitas video/audio yang putus-putus, dan lain sebagainya.

  1. Aplikasi Zoom

Aplikasi memudahkan Anda dalam melaksanakan belajar mengajar secara daring daripada Anda harus mengakses menggunakan website.

 

Cara Membuat Zoom Meeting

  • Pertama, buka aplikasi Zoom

cara menggunakan zoom meeting

 

  • Kedua, klik pada tab Meetings di sebelah atas, akan muncul tampilan sebagai berikut. Setelah itu Anda bisa mengklik Copy Invitation untuk menyalin link dan kode akses Zoom Anda kepada orang lain, sehingga saat orang akan bergabung tinggal membuka link yang Anda bagikan tersebut.

 

Sangat mudah, kan? Setelah itu kembali ke menu Home seperti pada langkah pertama, dan Anda bisa langsung memulai Zoom.

 

 

Gambar di atas adalah tampilan Zoom saat sudah memulai meeting, Jika Anda ingin menutupnya, Langsung tekan saja pada tombol merah di bagian sudut kanan bawah, klik End.

 

Fitur-Fitur Aplikasi Zoom

Anda sebaiknya memahami berbagi fitur yang tersedia pada aplikasi Zoom ini agar tidak bingung saat menggunakannya.

  1. Host a Meeting, jika Anda ingin melakukan meeting pada saat itu juga, pilih menu host a meeting karena ini akan langsung dapat memulai meeting
  2. Schedule a Meeting, untuk yang satu ini bisa Anda atur jika Anda ingin menjadwalkan online meeting yang akan datang, misalnya dalam waktu 3 jam Anda ingin memulainya, maka Anda bisa menjadwalkannya dengan schedule a meeting.
  3. Melakukan Presentasi, dalam melakukannya, Anda bisa langsung membahas materi atau apa saja seperti saat Anda bertatap muka secara langsung.
  4. Share Screen, fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan layar Anda ketika ingin mempresentasikan sebuah materi berupa powerpoint, maupun
  5. Membagikan Undangan Virtual Meeting, Anda bisa mengundang siapa saja hanya dengan mengirimkan tauta melalui e-mail, atau whatsapp, dan sebagainya.
  6. Fitur Chat, dengan fitur ini Anda tetap bisa berinteraksi dengan peserta, misalnya ada yang bertanya bisa langsung menuliskan pertanyaan ke dalam kolom chat.
  7. Join Meeting, jika Anda adalah peserta yang ingin bergabung pada sebuah online virtual meeting¸ Anda bisa mengikutinya dengan memilih menu Join Meeting, dan masuk dengan kode yang telah diberikan.
  8. Mengganti Virtual Background, ini adalah fitur yang menarik pada Zoom, di mana Anda bisa mengubah tampilan latar belakang Anda dengan gambar tertentu.

 

Itu adalah sedikit tips dari Ardata seputar aplikasi Zoom, semoga dapat memudahkan para pengajar yang belum terlalu mengetahui bagaimana cara menggunakan Zoom meeting yang sebenarnya tidaklah sulit.

 

Baca Juga : Cara Menggunakan Google Classroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *