Tutorial Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Belajar Online

Sejak adanya pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia khususnya Indonesia, semua aktivitas yang awalnya dilakukan secara normal, kini pun harus dilakukan secara jarak jauh. Bidang pendidikan tak bisa lepas dari dampak Covid-19. Para siswa dan mahasiswa harus melakukan pembelajaran dan perkuliahan jarak jauh. Namun dengan kecanggihan teknologi di zaman sekarang tak terlalu menjadi masalah dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Kini banyak pengembang aplikasi membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu memudahkan pembelajaran jarak jauh khususnya, salah satu aplikasinya adalah Google Classroom. Sebenarnya masih banyak aplikasi semacam Google Classroom, namun kami akan memberikan penjelasan tentang Google Classroom. Mungkin Anda sudah pernah mendengar aplikasi ini, tetapi apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan google classroom? Simak penjelasannya di bawah.

 

Mengenal Google Classroom

Google Classroom (ruang kelas google) adalah sebuah layanan milik Google yang membantu para pengajar memudahkan mereka dalam mengelola kelas online. Pengajar dapat mengundang peserta didiknya menggunakan kode akses untuk bergabung ke kelas. Google Classroom bertujuan untuk memudahkan pengajar dalam memberikan pembelajaran seperti membagikan materi, tugas dan sebagainya.  Google Classrom juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Docs, Sheets, Slides untuk menulis, Calendar sebagi jadwal, Gmail untuk berkomunikasi, dan Drive untuk pendistribusian tugas serta materi. Setiap kelas pun dapat dibuat dengan folder yang berbeda-beda, sehingga lebih akan lebih mudah diakses.

 

Baca Juga : Cara Menggunakan Zoom untuk kelas online

 

Manfaat Menggunakan Google Classroom

  1. Mudah digunakan, seorang pengajar dapat dengan mudah membagikan materi hingga tugas dan memberikan pemberitahuan kepada peserta didik. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi peserta didik untuk tidak mengetahui materi yang diberikan, karena pada setiap postingan yang dibuat pasti selalu terdapat pemberitahuan.
  2. Lebih hemat waktu, karena semua kegiatan kelas dilakukan secara online, maka semua akan berjalan lebih cepat tanpa ada gangguan seperti membagikan dokumen fisik secara manual, tentu membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, pengajar dapat memberikan sebuah lembar kerja dan langsung menilainya. Peserta didik pun hanya perlu membuka smartphone mereka untuk melihat nilai.
  3. Komunikasi, dengan adanya aplikasi semacam Google Classroom dapat meningkatkan komunikasi menjadi lebih intens, tidak seperti belajar di ruang kelas, peserta didik dapat bertanya kapan saja melalui Classroom hingga jelas. Sangat menguntungkan, bukan?
  4. Semakin canggihnya zaman teknologi, jika Anda menyimpan sebuah dokumen tidak harus panik karena basah maupun terbakar. Selama menggunakan Google Classroom, Anda bisa memanfaatkan integrasi antara Classroom dengan Drive, sebuah layanan penyimpanan online yang memiliki kapasitas 15 GB untuk versi gratis.
  5. Efektivitas transaksi materi, meskipun setiap kurikulum memiliki acuan yang sudah jelas, namun jika ada suatu perkembangan terbaru tidak salahnya memberikan informasi tersebut kepada peserta didik, mengapa? Agar mereka selalu relevan isu maupun tren terkini agar tidak tertinggal. Google Classroom memudahkan Anda sebagai pengajar dalam melakukan hal tersebut. Dalam penerapannya, Google Classroom memang sangat efisien, namun sebagai pengajar, Anda juga harus dapat menyeimbangkan waktu peserta didik agar waktu belajar mereka berjalan dengan wajar, mereka juga membutuhkan waktu bermain dan istirahat.

 

Cara Log In di Google Classroom

  1. Buka link berikut untuk mengakses Google Clasroom, dan pilih Login di sudut kanan atas.cara menggunakan google classroom
  2. Setelah itu, masukkan email Anda yang ingin digunakan beserta password. Klik berikutnya untuk melanjutkan ke dashboard Google Classroom.

cara menggunakan google classroom

 

  1. Ini adalah tampilan Google Classroom.

cara menggunakan google classroom

 

  1. Jika Anda adalah seorang pengajar maka langsung bisa membuat kelas, atau bagi peserta didik, Anda bisa bergabung ke kelas yang sudah ada.maka klik logo + (tambah) di sudut atas kanan dan memasukkan kode undangan masuk kelas yang sudah diberikan sebelumnya, dan berikut ini adalah tampilannya.

cara menggunakan google classroom

 

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

  1. Buka menu utama Google Classroom , klik logo (+) di sudut kanan atas, dan pilih tambah kelas.

cara menggunakan google classroom

 

  1. Lalu isikan nama kelas, dan deskripsinya yang sesuai dengan kelas Anda. Setelah semuanya terisi, klik Buat.

cara menggunakan google classroom

 

  1. Setelah itu, Anda akan menuju tampilan utama kelas yang telah Anda buat. Selain itu, Anda akan memiliki kode akses yang nantinya harus Anda berikan untuk peserta didik agar dapat bergabung ke kelas Anda.

cara menggunakan google classroom

 

Cara Menggunakan Google Classroom

  1. Jika Anda adalah seorang pengajar dan ingin membuat postingan tentang materi pembelajaran, Anda tinggal mengklik pada bagian umumkan sesuatu di kelas Anda.
  2. Setelah itu, tulis apa saja yang ingin Anda sampaikan, Anda juga bisa menyisipkan dokumen matri dalam format docs, ppt, pdf dan lain-lain.

Jika sudah mengatur semuanya, Anda bisa langsung mempostingnya, apabila ingin menjadwalkannya, klik tanda panah ke bawah seperti gambar di atas, lalu Anda bisa menjadwalkan kapan saja postingan Anda akan dapat dilihat peserta didik.

 

  1. Setelah diposting, maka peserta didik akan dapat menanggapi dengan komentar. Anda dapat berinteraksi dengan mereka melalui kolom komentar. Biasanya peserta didik akan menanyakan hal yang belum dipahami, dan Anda bisa langsung menjawabnya.

Baca Juga : Google Classroom Vs Zoom, Mana yang lebih bagus untuk kelas online?

 

Mungkin itu adalah langkah sederhana bagaimana cara menggunakan Google Classroom, Jika Anda adalah seorang pemula, tak usah khawatir karena Google Classroom sangat mudah digunakan (user friendly). Semoga dengan adanya Google Classroom dan artikel mengenai cara menggunakannya ini dapat membantu memudahkan siapa saja yang ingin menggunakan Google Classroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *