Cara Memilih Platform Website Dengan Tepat Untuk Bisnis

Cara Memilih Platform Website Dengan Tepat Untuk Bisnis

Ketika Anda menjejaki dunia bisnis, tentu Anda akan dihadapkan pada kegiatan pemasaran guna untuk membangun branding perusahaan Anda. Branding-branding tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan pemasaran langsung dan juga digital marketing.

Di zaman sekarang, digital marketing lebih diutamakan karena pemasarannya yang meluas hingga ke berbagai pelosok negeri maupun luar negeri. Untuk melakukan digital marketing, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform website yang tersedia.

Tips Memilih Platform Website untuk Bisnis

Sebelum Anda menentukan dan memilih platform website untuk bisnis, ada baiknya simak beberapa tips berikut ini untuk memilih platform yang tepat:

1. Memahami tujuan dan isi membuat website bisnis tersebut

Tips pertama yang perlu Anda kuasai yaitu memahami tujuan dan juga isi dari website bisnis yang akan Anda buat. Pikirkan strategi yang matang dan juga menarik visitors. Daripada berfokus pada trend yang sering kali berubah-ubah, sebaiknya fokuskan website Anda untuk terus mengupdate Unique Selling Point (USP).
Selain itu, tampilan arahan dan juga landing page yang menarik akan membuat visitors melakukan CTA (call to action) pada bisnis Anda.

2. Pilihlah platform website yang benar

Website bisnis yang memiliki banyak pengguna sudah pasti memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan website lainnya. Selain itu, website yang bagus dan tepat sudah pasti memiliki banyak user sehingga membuat website tersebut terkenal dan melambung tinggi.

Biasanya, platform website bisnis yang sering digunakan oleh user adalah sejenis wordpress. Tak hanya untuk bisnis, akan tetapi website ini juga sering digunakan untuk website-website lainnya seperti company profile, website informasi, edukasi, dan masih banyak lagi.

Untuk website yang lebih individual dan fasilitas unggul lainnya, Anda bisa menggunakan layanan premium agar website bisnis Anda semakin menarik dan lebih professional.

3. Memiliki elemen website bisnis yang bersifat fungsional

Tips cara memilih platform website yang tepat untuk bisnis selanjutnya adalah pilihlah website dengan elemen-elemen yang bersifat fungsional di dalamnya. Elemen ini bisa berupa keprofesionalan dalam skema, gaya font, desain dan visualisasi, dan lain sebagainya.

4. Pengoptimalan konten

Selain dari segi desain dan visualisasi, tips selanjutnya yaitu pilihlah website dengan pengoptimalan konten yang bagus. Karena pada dasarnya, kunci utama dari sebuah website bisnis adalah konten itu sendiri.

Platform Website Bisnis Online

Pada dasarnya platform yang anda gunakan untuk website anda adalah sebuah pondasi. Dengan begitu pandai yang anda buat harus kuat untuk menopang segala aktivitas perniagaan. Berikut adalah beberapa rekomendasi platform untuk pembuatan website online, simak penjelasan berikut ini:

1. WordPress

WordPress merupakan salah satu platform yang sedang viral dan sudah terbukti dapat digunakan untuk membuat segala jenis website, situs web professional, personal blog, forum komunita, dan masih banyak lagi.
Ada dua jenis WordPress yang tersedia dan dapat anda gunakan, yaitu:

a. WordPress(dot)org

WordPress adalah satu platform yang memerlukan akun hosting WordPress dan situs web anda di hosting sendiri. Disini, anda dapat mengendalikan secara penuh pada setiap aspek situs web dan kehadiran online anda dengan banyak tema kualitas atas yang dapat anda gunakan untuk situs web anda.

b. WordPress(dot)com

Merupakan suatu layanan hosting blog serta situs web yang dijalankan secara otomatis. Namun, di WordPress(dot)com tidak menawarkan fungsionalitas drag and drop serta tidak di hosting sendiri.

2. BigCommerce

Situs web e-commerce adalah buatan dari BigCommerce. Yang dibuat dengan hosting sepenuhnya, jadi anda tak perlu lagi soal kecepatan, pembaruan situs web, dan keamanannya. Anda hanya perlu fokus kepada bisnis anda karena server dan sisi teknis akan ditangani oleh BigCommerce.

Anda dapat memanfaatkan fleksibilitas WordPress dengan kekuatan dari e-Commerce tanpa kepala dari BigCommerce. Itu dikarenakan, BigCommerce memiliki integrasi asli dari WordPress.

Sederhananya, situs web milik anda akan cepat dan aman tanpa dengan memperdulikan berapa banyak lalu lintas yang telah anda dapatkan. BigCommerce hadir dengan membawa banyak fitur bawaan yang digunakan untuk menangani pengoptimalan tingkat konversi situs web anda.

3. Gator

HostGator membuat situs web online yang sekarang sedang populer dengan nama Gator. Gator merupakan sebuah platform yang telah dihosting sepenuhnya. Soal perangkat lunak, pencadangan, dan pembaruan anda tak perlu khawatir.

Gator sendiri telah menyediakan banyak template desain situs web professional yang dapat anda gunakan. Tak hanya itu saja, di setiap desain template-nya telah dilengkapi dengan opsi penyesuaian. Sehingga, si pembuat web dapat mengkonfigurasikannya sendiri.

Rekomendasi Plugin Pendukung Website Online

Setelah anda melakukan pemilihan platform website yang sesuai dengan kebutuhan anda, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih plugin. Berikut adalah rekomendasi plugin pendukung website online terbaik:

  • Advanced Coupons
  • WooCommerce
  • CartFlows
  • Cart66 Could
  • Thrive Leads
  • Yoast SEO
  • Easy Digital Downloads
  • Ecwid

Nah, itu dia artikel yang membahas tentang bagaimana cara memilih platform website dengan tepat untuk bisnis yang harus anda pahami. Namun untuk anda yang ingin memperoleh platform website yang lebih tepat, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Selain lebih menghemat waktu dan tenaga, layanan tersebut juga akan membantu anda dalam membangun sebuah wesbite bisnis yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *